-->

Notification

×

Kodim 0703/Cilacap Gelar Binsiap Apwil dan Puanter TW III Tahun 2021

23 Agustus 2021 | Agustus 23, 2021 WIB Last Updated 2021-09-06T21:27:41Z


CILACAP - Tingkatkan kemampuan teritorial para Babinsanya, Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Bin Siap Apwil dan Puanter) Triwulan III Tahun 2021 yang digelar di Aula Satya Kartika, Markas Kodim 0703/Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (23/8).


Kegiatan tersebut dihadiri langsung  Tim Pengawas Pelaksanaan Kegiatan (Waslakgiat) Bin Siap Apwil dan Puanter Sterrem 071/Wijayakusuma yang dipimpin Pasi Binwanwil Korem 071 Mayor Inf Sapari Dariyanto, Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, Pasiter Kapten Inf Saidin, dan diikuti oleh l Danramil, Babinsa Pendamping dan Bintara Otsus TNI AD Tahun 2021 atau calon Babinsa yang nanti akan bertugas di Papua yang dititipkan di satuan Kodim 0703/Cilacap.


Komandan Kodim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini nantinya para Babinsa Kodim 0703/Cilacap, baik yang lama bertugas maupun yang baru masuk di Satkowil lebih meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.


"Jadikan kegiatan ini sebagai barometer bagi kita selaku Aparat Kewilayahan guna menunjang tugas pokok Kodim 0703/Cilacap sekaligus sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan," Jelasnya.


Lanjutnya, kegiatan ini merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh Aparat Kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD. Selain sebagai bekal bagi para Aparat Kewilayahan terutama Babinsa Kodim 0703/Cilacap, juga suatu pelajaran baru bagi anggota yang baru bergabung di Satkowil guna menunjang setiap pelaksanaan tugas di lapangan.


"Saya minta seluruh prajurit Kodim 0703/Cilacap pahami dan kuasai lima kemampuan teritorial, Sikapter, dan Metode Binter. Tidak cukup memahami, para Babinsa juga harus mampu menerapkan dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial sehari-hari dilapangan. Pertajam kembali tugas dan tanggungjawab serta lebih profesional sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan di tengah-tengah masyarakat," Tegasnya.


Sementara itu Kasiter Rem 071 melalui Pasi Binwanwil Mayor Inf Sapari Dariyanto mengatakan, kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah serta sebagai barometer aparat kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan Metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja. 


"Kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD. Selain itu, melalui kegiatan ini juga bisa menyamakan langkah dan misi para Babinsa dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat," Jelasnya.


Adapun materi yang diberikan yaitu Sikap Ter oleh Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Inf Joko Yunanto, materi Metode Binter yang disampaikan oleh Danramil 1 55/Karangpucung Kapten Inf Tugirun, Materi 5 Kemampuan Ter oleh Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Tasino dan juga tentang materi peran TNI didalam penanggulangan bencana alam yang disampaikan oleh perwakilan BPBD Kabupaten Cilacap. 


Sumber: sas/urip

×
Berita Terbaru Update