-->

Notification

×

3 Cara Mengatasi Baterai Ponsel Cepat Lowbat? Yukk Simak Tutorialnya

30 September 2021 | September 30, 2021 WIB Last Updated 2021-09-30T09:14:48Z


Jika pengguna ponsel tinggal di daerah pedesaan, atau bekerja di wilayah jauh dari koneksi jaringan, dan kemungkinan baterai ponsel akan lebih cepat terkuras.


Baterai ponsel yang cepat habis itu juga disebabkan berbagai hal, diantaranya yakni karena layar, aplikasi, latar belakang, dan jaringan yang buruk.


Berikut ini tiga hal yang membuat baterai cepat habis atau lowbat :


1). Layar : Panel layar yang semakin lebih cerah dan kedalaman warna lebih beragam, sekaligus menjadi salah satu alasan baterai cepat habis. 


Dan untuk memeriksa penggunaan baterai, yakni dengan cara, buka Pengaturan ponsel, klik di Penggunaan Baterai dan klik pada Tampilkan Penggunaan Perangkat. Dan periksa penggunaan teratas yang lebih banyak menyedot daya baterai.


Maka untuk memperbaikinya ada beberapa cara, seperti menurunkan kecerahan layar, kurangi waktu penguncian otomatis, dan menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam. 


2). Aplikasi berjalan dilatar belakang : Aplikasi yang menghabiskan lebih banyak baterai, yaknj seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger, karena aplikasi terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, lokasi, hingga mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna agar tetap selalu terhubung koneksi. 


Untuk mengatasinya, pengguna dapat membatasi latar belakang aplikasi tersebut dengan cara buka di Pengaturan ponsel, klik Aplikasi & pemberitahuan, klik Pilih aplikasi, klik Tingakt lanjut, klik Baterai, klik Pembatasan latar belakang.


3). Di area Jaringan yang buruk : penerimaan signal diponsel yang buruk juga dapat menguras daya baterai, karena perangkat akan berusaha untuk terhubung dengan menara terdekat. Dan akibatnya, perangkat akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan jaringan. 


Salah satu solusinya adalah menggunakan mode pesawat untuk mengistirahatkan jaringan, dan yang terakhir adalah mengganti operator dengan layanan yang lebih baik. 


Demikian sedikit berbagi tutorial dan semoga bermanfaat. Terima kasih. 

×
Berita Terbaru Update