-->

Notification

×

Memori Penyimpanan Internal HP Penuh, Padahal Aplikasi Yang Terpasang Sedikit? Ini Penjelasannya

26 Januari 2022 | Januari 26, 2022 WIB Last Updated 2022-01-26T04:08:25Z

BACANEWS.info - Memori penyimpanan pada handphone penuh tentunya cukup menyebalkan, apalagi bila aplikasi yang terpasang di perangkat berjumlah sangat sedikit, dengan memori penyimpanan penuh akan menghambat berbagai macam aktivitas, mulai dari menyulitkan memasang aplikasi, membuat kamera tak bisa bekerja, hingga memperlambat kinerja handphone itu sendiri. 


Kenapa Memori Penyimpanan Bisa Penuh Padahal Aplikasi yang Terpasang Sedikit? Ukuran Aplikasi Memang Besar, dan Penuhnya memori penyimpanan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk salah satu di antaranya adalah besarnya ukuran aplikasi dan data yang terpasang diperangkat. 


Memasang aplikasi berukuran sangat besar tentunya tetap bisa menghabiskan memori penyimpanan internal meskipun jika dihitung jumlahnya sangat sedikit. 


Termasuk seperti file cache, cadangan, hingga thumbnail. Meskipun sangat berguna, kedua jenis data tersebut bisa membuat memori penyimpanan semakin sesak meskipun aplikasi yang terpasang hanya sedikit. 


Sebagai contohnya pada aplikasi WhatsApp. Layanan pesan singkat ini setiap hari melakukan pencadangan baik secara lokal ke memori internal maupun online ke layanan Google Drive. 


Jika digabungkan dengan berbagai macam berkas konten yang diunduh dari WhatsApp seperti gambar, video, maupun audio. Dan jeleknya lagi, berkas ini tidak akan terlihat tanpa menelusuri penyimpanan secara lebih mendalam. 


Berkas bertipe thumbnail biasanya juga terletak secara tersembunyi. Agar terlihat perlu menghidupkan fitur “show hidden files” agar dapat menemukan folder yang berisi file-file tersebut. 


Disisi lain juga masih adanya Sisa Data dari Aplikasi yang Sudah Dihapus. Saat menghapus aplikasi dari handphone, sejumlah data sebenarnya masih tersisa di dalam perangkat. Adapun di antaranya meliputi gambar tertentu, file pengaturan, hingga konten unduhan.


Banyaknya Aplikasi Bawaan, Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, sistem bawaan handphone juga memakan sebagian ruang kosong penyimpanan. Ukurannya pun bisa terus tumbuh saat pengguna melakukan pembaruan.


File Foto dan Video Semakin Banyak Meskipun jarang memasang aplikasi berukuran besar, ruang kosong dalam handphone dapat menjadi semakin sempit saat kamu sering menggunakan perangkat untuk mengambil foto atau video. 


Apalagi dalam hal ini, berkas foto maupun video yang diambil dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi akan memiliki ukuran sangat besar. Meskipun tidak terlihat pada awal pemakaian, berkas tersebut jika tidak dipindahkan dapat membuat memori penyimpanan penuh. 


Lebih-lebih lagi, beberapa aplikasi media sosial seperti WhatsApp juga mengunduh berkas serupa dan menyimpannya ke dalam perangkat. Jika dibiarkan maka handphone tidak akan Mampu menampungnya. 


Solusi Saat Melegakan Kembali Memori Penyimpanan. Hapus Aplikasi dan Gunakan Alternatif yang Lebih Ringkas Menghapus aplikasi berukuran besar menjadi solusi pertama yang bisa kamu tempuh ketika memori penyimpanan membeludak dan perangkat mulai kehilangan beberapa fungsinya. 


Perlu diketahui, metode membersihkan file cache pada sejumlah tipe handphone bisa berbeda dengan langkah-langkah di atas karena adanya perbedaan versi sistem operasi. Kamu pun dapat menyesuaikannya karena biasanya hanya beda peletakan dan penamaan. 


Mengalami permasalahan ini dapat menyimak beberapa tindakan pada ulasan berikut. Namun agar dapat mengatasi dengan tepat, kamu perlu mengetahui penyebab utamanya di mana setiap handphone tentu saja bisa berbeda. 


1). Bersihkan File Cache dan Thumbnail.


2). Nonaktif Aplikasi Bawaan.


3). Pindahkan Foto, Video, Dokumen, Atau File Penting ke Komputer.


4). Menonaktifkan Fitur Unduh Otomatis pada Sejumlah Aplikas.


5). Pindahkan Foto, Video, Dokumen, Atau File Penting ke Cloud.


Dengan beberapa tindakan ini, memori penyimpanan internal dalam handphone kamu diharapkan dapat semakin lega. Namun jika belum sesuai dengan yang diharapkan, membeli perangkat dengan opsi lebih besar bisa kamu pertimbangkan. 


Selamat Mencoba.

×
Berita Terbaru Update