-->

Notification

×

Penyebab Ponsel Suka Restart Sendiri? Begini Cara Mengatasinya

15 Januari 2022 | Januari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-01-14T20:59:22Z

BACANEWS.info - Ponsel suka restart sendiri dan masalah ini memang terasa cukup mengganggu, apalagi ketika sedang mencatat sesutu yang penting. Tapi, sebelum lanjut ke cara mengatasinya, kita kenali dulu apa saja penyebabnya.


Adapun Penyebab ponsel Restart Sendiri bisa disebabkan : Sistem Bug, Sistem Crash, RAM Penuh, Memori Internal Terlalu Penuh, Ponsel Terlalu Panas dan Secara garis besar, hanya itu saja sih penyebabnya.


Nah, untuk cara mengatasinya, langkah awalnya adalah : 


1). Cek Aplikasi Terakhir yang Anda Instal belakangan ini, dan bisa jadi karena ada aplikasi tertentu yang menjadi pemicunya. 


Iya, percaya nggak percaya, memang ada beberapa aplikasi yang bisa berpengaruh terhadap hal ini. Terutama yang berhubungan dengan sistem, seperti aplikasi cleaner, atau sejenisnya. 


2). Cek Baterai, jika Ponsel Anda sudah lama digunakan (berumur), maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti baterai ponsel ke yang baru. Karena semakin lama penggunaan ponsel, kinerja baterai tersebut pun akan terus menurun. 


Dampaknya, selain bisa membuat ponsel jadi suka restart terus, juga bisa membuat ponsel jadi mati sendiri, bahkan matot (mati total, tidak bisa nyala sama sekali). 


Seperti yang saya bilang tadi, setiap ponsel memiliki limitasi akan suhu komponen. Ketika ponsel terlalu panas, dan melewati limit suhu tersebut, maka sistem akan otomatis melakukan restart, dengan tujuan supaya komponen di dalamnya nggak rusak Karena overheat. 


Ada cara simpel untuk mengatasi hal ini, yakni dengan cara mematikan ponsel sejenak, supaya suhu pada komponen ponsel nya bisa normal lagi. 


3). Mengaktifkan Aplikasi Sistem yang Posisi Disable. Di Android, aplikasi itu bisa dibagi menjadi 2 golongan, yakni aplikasi yang kita instal sendiri dari Playstore, dan aplikasi sistem. 


Nah, yang sedang kita bicarakan di sini adalah aplikasi sistem, yang kadang suka nggak sengaja ter-disable, dan menyebabkan sistem jadi malfungsi. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa mengeceknya Kembali lewat pengaturan Ponsel. 


Caranya: Silakan buka Settings. 

Pilih menu Aplikasi. 

Pilih Aplikasi Sistem. 

Cari aplikasi sistem yang terdisable.

Terakhir, silakan aktifkan kembaili. 


4). Update Sistem untuk perbaikan bug dan keamanan sistem. Hal ini juga bisa Anda lakukan, kalau memang dari awal beli ponsel sudah sering mengalami restart sendiri. 


Caranya, Silakan pergi ke Settings.

Masuk ke menu About, Masuk lagi ke System Updates. Lalu cek apakah update tersedia? dan siapkan kuota yang agak banyak, dan pastikan koneksi internet lancar, Karena untuk beberapa tipe HP, kalau gagal update, bisa menyebabkan masalah lain lagi. Baik sistem yang tidak stabil, atau sistem yang sering crash, kondisi ini agak susah diatasi. 


5). Mereset Ponsel, dengan tujuan agar data sistem bisa dikembalikan, persis seperti awal waktu baru beli.


Selamat mencoba.

×
Berita Terbaru Update